Home > iseng > [SNMPTN 2011] Don’t be Sad, When There’s a Will, There’s a Way!

[SNMPTN 2011] Don’t be Sad, When There’s a Will, There’s a Way!

Halo semua! Selamat malam!😀

Mau sedikit cerita-cerita nih. Terinspirasi dari linimassa twitter saya yang banyak membahas tentang pengumuman SNMPTN 2011, ada yang sedih, ada yang senang, ada yang nostalgia masa-masa SNMPTN jamannya dulu, bahkan ada yang menghibur bagi yang tidak diterima dan mengucapkan selamat bagi yang diterima. *jadi ingat 4 tahun yg lalu* :p

Teringat telepon ibu yang menyuruh saya untuk mendaftar SNMPTN 4 tahun yang lalu. 4 tahun yang lalu saya berpikir, “Buat apa sih ikut SNMPTN, toh saya kan sekolahnya di SMK, mana bisa”. Saya sempat berpikir, untuk apa sih kuliah, toh nanti juga bakal kerja. Bukannya lebih enak kalo kerja sambil kuliah, udah gak ngrepotin orang tua lagi. hehehe. Dan setelah mengikuti SNMPTN *yang niatnya dulu ikut karena selain amanah dari ibu, juga pengen lihat cewek-cewek cakep yg ikut SNMPTN sih :p*, orang tua saya menyuruh untuk mendaftar di STT Telkom Bandung, lalu juga mencoba PMDK Mandiri ITS yg dulu formulirnya aja udah Rp 750.000,-. Eng ing eng, apa yang terjadi setelah pengumuman semuanya sodara-sodara? Ternyata saya positif, positif TIDAK DITERIMA SNMPTN, PMDK Mandiri maupun STT Telkom Bandung! Sempet putus asa juga sih. :p

Di sinilah peran Tuhan, ketika itu ada salah seorang kakak kelas, Mas Sholehudin, dulu kos di tempat yang saya tempati untuk nge-kos main ke kosan. Di sana saya diberi tau oleh ibu kos kalo mas Sholeh itu barusan lulus dari STIKOM Surabaya. Sebelumnya, saya sempat baca di koran kalo Mas Sholeh ternyata merupakan wisudawan terbaik STIKOM Surabaya pada tahun 2007 dengan IPK kalo gak salah 3,8 dan tanpa membayar biaya kuliah sepeserpun. Akhirnya ketika ada kesempatan bertemu dengan Mas Sholeh, saya langsung konsultasi dengan beliau bagaimana bisa mendaftar dengan tanpa biaya pendidikan sepeserpun + mendapat pekerjaan langsung dari STIKOM. Beliau menjelaskan kalo dulu dapat beasiswa ikatan dinas dari STIKOM, hanya dengan menunjukkan nilai rapor mulai kelas 1 sampai kelas 3 semester 1. Lalu mengikuti beberapa tahap seleksi, yaitu: tes psikotes, tes kemampuan dasar matematika dan bahasa inggris, lalu tes logika. Setelah lolos langsung tes wawancara. Beliau menyarankan saya, kalo gak ditrima di perguruan tinggi negeri, apa salahnya mencoba di perguruan tinggi swasta. Toh KEMAMPUAN KITA yang berbicara, BUKAN TEMPAT KULIAHNYA. Ini yang betul-betul saya ingat. Saya juga sempat mengintip transkrip perkuliahan Mas Sholeh, sembari bertanya kisi-kisi dari matakuliah di Jurusan Sistem Informasi STIKOM.😀

Lantas, tanpa pikir panjang, saya langsung daftar di STIKOM Surabaya jurusan Sistem Informasi yang sesuai dengan jurusan waktu saya SMK dulu. Sempet nyasar juga sih nyari ini kampus. Tapi terbayar dengan diterimanya saya dan mendapat reward beasiswa ikatan dinas di STIKOM dan tanpa membayar perkuliahan sepeserpun. Saya bertekad, walaupun saya kuliah di kampus swasta, IPK dan kemampuan saya harus di atas rata-rata. Dan alhamdulillah IPK di atas rata-rata ketika wisuda kemarin.😀

Cita-cita kuliah S3 di sini😀 Southern Illinois University

Sedikit kecewa juga sih sebenarnya, kuliahnya kurang menarik dari segi cara pengajaran. Dari tahun ke tahun hampir sama dari Tugas, maupun ujiannya. Mungkin ini dipengaruhi oleh teman-teman saya yang memang awam, dan “sedikit” bermalas-malasan. Berbeda pada waktu masih bersekolah di SMK Telkom Sandhy Putra Malang dulu. Teman-teman waktu sekolah dulu saling bersaing untuk meningkatkan kemampuan/ skill selain kemampuan akademik. Jangan salah, teman-teman saya waktu di SMK Telkom dulu, senakal-nakalnya mereka, mereka mempunyai skill yang tidak kalah dengan teman-teman yang mempunyai nilai akademis yang bagus. Mereka saling berlomba-lomba untuk meningkatkan skill non akademik mereka. Dan mereka tak canggung-canggung untuk berbagi dan saling mengajari. Masa sekolah memang masa yang paling indah. Situasi ini yang sulit saya temukan di bangku kuliah. Terkadang saya merasa heran, mereka (beberapa dosen dan mahasiswa) cenderung sedikit “berhemat” dalam berbagi ilmu. Oh ya, disekolah saya dulu, jika ditanya sesuatu hal apabila tidak tahu, maka akan menjawab tidak tahu dan akan mencari bersama tentang hal tersebut. Berbeda dengan bangku kuliah. Akan sulit menemukan orang yang memang benar-benar niat dan tulus untuk berbagi ilmu. Banyak persaingan untuk saling menjatuhkan satu sama lain.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat saya. Dalam prinsip saya, SAYA TIDAK AKAN MENYERAH OLEH NASIB. Saya akan terus berusaha sampai sekuat saya. Jika orang lain mampu, mengapa saya tidak mampu. Mungkin hanyaberbeda jalan mana yang akan ditempuh. Saya masih mempunyai cita-cita untuk belajar sampai setinggi mungkin. Saya mempunyai mimpi untuk belajar di negeri orang.

Pengennya sih kuliah MBA atau Mcom di sini, tapi....

kaya'nya MCom di sini aja deh.😀

Tak usah takut kawan-kawan mahasiswa baru 2011 yang tidak ditrima di kampus yang diinginkan, teruslah tingkatkan kemampuan diri kalian. Jika kemampuan akademik kalian kurang, gali potensi diri dengan cara lain. Cara yang kalian sukai. Belajar apa saja yang kalian suka. PASTI ADA JALAN.

Saya teringat bagaimana wajah-wajah teman-teman saya yang kuliah di perguruan tinggi negeri yang bagus, ketika saya bertanya tentang suatu hal, mereka cenderung juga “berhemat” dan sedikit sombong. Entah mengapa, apa karena saya berkuliah di kampus swasta? Dari situlah muncul tekad saya, SAYA TIDAK AKAN MENYERAH OLEH NASIB, SAYA AKAN MEMBUAT BANGGA ORANG TUA SAYA, DAN SEMUA ORANG YANG MENGENAL SAYA, SEMUA ORANG YANG SEDARAH SEPERJUANGAN. Saya pasti bisa!

*nb: saya menulis ini hanya untuk introspeksi bagi yang membaca, tidak untuk menyudutkan tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan, hanya untuk wacana dalam introspeksi dan pelecut semangat untuk maju dan berkembang.

Saya menulis ini ditengah-tengah perjalanan saya untuk meraih mimpi saya, untuk membahagiakan diri saya, dan keluarga saya, di tengah-tengah waktu yang semakin singkat dalam mencapai tujuan dan cita-cita saya.*

Categories: iseng
  1. az
    July 7, 2011 at 10:02 pm

    gak melbu negeri ra po2….
    pokoke enjoy wae.. kwakakka….

  2. August 3, 2011 at 6:58 pm

    Pertama-pertama aku mengucapkan selamat atas wisudanya (gak tau kapan wisudanya). Yang kedua semoga kamu bisa mewujudkan impianmu kuliah S3 di kampus yang kamu impikan. Semoga berhasil kawan. Sukses selalu.🙂

  3. September 7, 2012 at 9:20 am

    Mantap blognya masss jangan lupa berkunjung prediksi togel

    makasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: