Home > Inspirational > Love can be fun

Love can be fun

Penasaran setelah mengikuti kultwit dari @psikologizone tentang #tipsrelasi. Dalam salah satu tweetnya menyebutkan tentang teori “Triangular Model of Love” oleh Robert Sternberg, yaitu: Commitment, Intimacy, dan Passion.
Sternberg mengatakan bahwa cinta terdiri dari 3 komponen yang tersambung yang menyebabkan orang menikah dengan dasar pernikahan yang baik.

Setiap pasangan mesti menyadari bahwa cinta sesungguhnya terdiri dari Intimacy (perasaan kedekatan, keakraban, terhubung dan keterikatan), Passion (gairah, dorongan romantis, ketertarikan fisik dan keinginan seksual), dan Commitment (komitmen, keputusan untuk bersama-sama, mencapai sasaran bersama, merencanakan bersama).

Kekuatan cinta yang dimiliki oleh seseorang berasal dari 3 hal tersebut sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh Robert Sternberg.

Keakraban atau keintiman adalah perasaan dalam suatu hubungan yang meningkatkan kedekatan, keterikatan, dan keterkaitan (atau dengan kata lain bahwa intimacy mengandung pengertian sebagai elemen afeksi yang mendorong individu untuk selalu melakukan kedekatan emosional dengan orang yang dicintainya). Pasangan yang memiliki intimacy yang tinggi akan sangat memperhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan pihak lain, menghormati dan menghargai satu sama lain, dan memiliki kesalingpengertian. Mereka juga saling berbagi dan merasa saling memiliki, saling memberi dan menerima dukungan emosional dan berkomunikasi secara intim. Sebuah hubungan akan mencapai keintiman emosional manakala kedua pihak saling mengerti, terbuka, saling mendukung, dan merasa bisa berbicara mengenai apa pun juga tanpa merasa takut ditolak. Mereka juga akan berusaha menyelaraskan nilai dan keyakinan tentang hidup, meskipun tentu saja ada perbedaan pendapat dalam beberapa hal. Mereka mampu untuk saling memaafkan dan menerima, khususnya ketika mereka tidak sependapat atau berbuat kesalahan.

Gairah meliputi rasa kerinduan yang dalam untuk bersatu dengan orang yang dicintai yang merupakan ekspresi hasrat dan kebutuhan seksual (atau dengan kata lain bahwa passion merupakan elemen fisiologis yang menyebabkan seseorang merasa ingin dekat secara fisik, menikmati atau merasakan sentuhan fisik, ataupun melakukan hubungan seksual dengan pasangan hidupnya).

Keputusan atau komitmen adalah suatu ketetapan seseorang untuk bertahan bersama sesuatu atau seseorang sampai akhir. Dengan kata lain, komitmen sering diartikan sebagai keputusan untuk tetap bersama seorang pasangan dalam hidupnya. Komitmen lebih kompleks dari sekedar menyetujui untuk tetap bersama pasangan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan. Komitmen berarti pula mencurahkan perhatian, melakukan sesuatu untuk menjaga suatu hubungan agar tetap langgeng, dan melindungi hubungan itu dari bahaya, dan memperbaikinya bila hubungan itu dalam keadaan kritis.

Disebutkan dalam tweet selanjutnya dalam @psikologizone, yaitu:

Cinta Romantis itu hanya terdiri dari Passion dan Intimacy. Biasanya hanya ketertarikan pada fisik saja. Sedangkan Cinta Semu merupakan cinta yang terdiri dari Passion dan Commitment. Lebih mengarah pada percumbuan.

Lalu, bagaimana dengan cinta yang sempurna?

Cinta Sempurna, membutuhkan ketiga faktor (Intimacy, Passion, dan Commitment). Walaupun lebih mudah untuk mencapainya daripada mempertahankannya.

Wow, menarik. Ternyata dari beberapa tips tersebut cukup menggambarkan bagaimana kita memaknai dan menjalani kehidupan cinta kita. Apakah anda termasuk orang dengan cinta yang romantis? Atau Cinta Semu? Atau mungkin juga anda merupakan orang yang serius menjalani kehidupan percintaan anda sehingga anda sudah memenuhi kriteria cinta sempurna?:mrgreen: (dari berbagai sumber)

Categories: Inspirational
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: