Home > Inspirational > Pilihan Inspirasional dari Kisah-Kisah Inspirasional

Pilihan Inspirasional dari Kisah-Kisah Inspirasional

sumber gambar: funnyfunno.blogspot.com

Sebuah renungan mungkin, setelah mengalami pergumulan pikiran dan bathin yang cukup panjang. Ada sebuah pilihan, pasti. Setiap orang berhak menentukan pilihannya. Setiap orang berhak membuat sebuah, atau mungkin banyak pilihan. Namun, pilihan itu jangan menjadikan kita sebagai pribadi yang plin-plan.

Apa jadinya manusia tanpa pilihan?

Sebagai contoh yang sering menjadi pergumulan bathin rekan pembaca sekalian. Jika anda mempunyai uang sebanyak 1 Miliar Rupiah, apa yang akan anda lakukan dengan uang tersebut ke depannya?

Sebagai manusia yang diberi karunia oleh Tuhan berupa akal pikiran, tanpa kita sadari, otak kita akan membentuk sebuah pola-pola berpikir. Pola-pola tersebut akan membuat pilihan-pilihan yang mempengaruhi anda untuk membentuk sebuah pola-pola pikir yang lain yang saling bertautan. Dari contoh di atas pun, akan muncul pilihan. Saya akan mencoba untuk memunculkan pilihan anda, atau lebih tepatnya pilihan orang pada umumnya.

Misalnya:

1. Saya akan membeli rumah, mobil, dsb. (barang)

2. Saya akan membuat sebuah usaha.

3. Saya akan melanjutkan pendidikan saya ke S1, s2, sampai dengan S3.

4. dan sebagainya.

Lalu, untuk apa anda melakukan itu?

Setiap orang mempunyai tujuan dari apa yang dia pilih.


Ken Soetanto

Seperti halnya dengan Ken Soetanto, seorang ilmuwan yang berhasil meraih gelar profesor dan empat gelar PhD/Doktor dari empat universitas berbeda di Jepang. Yaitu PhD di bidang aplikasi rekayasa elektronika dari Tokyo Institute of Technology (1985), PhD di bidang kedokteran dari Universitas Tohoku (1988), kemudian gelar Doktor ilmu farmasi dari Science University of Tokyo (2000), dan Doktor ilmu pendidikan dari Universitas Waseda (2003).

Bahkan dari pengembangan interdisipliner dari keempat ilmu yang dikuasainya, Soetanto telah menghasilkan 29 paten di Jepang dan dua paten di Amerika Serikat. Seorang Ken Soetanto yang di Surabaya, tempat tinggal asalnya, menjadi seorang pengusaha yang cukup berhasil, malah ingin menjadi seorang ilmuwan. Bahkan keinginannya itu sempat dicemooh oleh kakaknya,

 

 

 

“Orang yang lulus S1 saja inginnya menjadi manajer, lha kamu yang punya perusahaan sendiri kok mau kembali menjadi kere?”

Lalu apa alasan dia?

“Saya ingin sekolah lagi karena saya merasa bahwa selama berusaha mencari uang, perasaan saya hampa, sehingga hanya berjalan begitu-begitu saja. Saya memerlukan teknik, untuk bisa mengabdi kepada masyarakat.”

Dikisahkan dalam perjalanan hidupnya yang ditulis dalam artikel di situs http://andriewongso.com dalam menjalani pilihannya, rintangan tak henti-hentinya datang. Namun, semangat never give up yang selalu dia usung akhirnya membuahkan hasil dalam waktu yang tidak singkat. Sampai pada akhirnya meraih impiannya yaitu menjadi seorang ilmuwan. Beliau juga merupakan dekan non-Jepang pertama di Universitas Waseda, universitas swasta terbesar di Jepang (sumber: http://bit.ly/f7cUrF) serta menjadi salah satu dari tiga pemohon paten paling terkemuka di Jepang, yang telah mempublikasikan lebih dari 1100 karya ilmiahnya. Bahkan Kementerian Pendidikan Jepang bahkan membiayai risetnya hingga 14 juta dollar AS (sekitar Rp144 miliar) per tahun.

 

Dalam kisah lainnya,

Khoirul Anwar

Siapa yang tidak tahu produk keluaran Apple, Iphone terbaru. Ya, sampai saat tulisan ini dibuat, versi Iphone terbaru adalah Iphone 4G. Teknologi seluler dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi generasi 4, atau biasa disebut 4G. Lalu, siapa orang dibalik penemuan teknologi telekomunikasi 4G tersebut?

Prof Dr. Khoirul Anwar lah orangnya. Wong ndeso asal Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, itu memegang dua paten penting di bidang telekomunikasi. Dunia mengaguminya.

Prof Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing), yang sekarang sedang digembar-gemborkan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi dunia.

Anda dapat menyimak kisahnya di: sini

 

Kolonel Sanders - Pendiri KFC

Kisah di atas merupakan gambaran goal dari pilihan yang anda pilih dari bidang akademik dan sains. Lalu bagaimana dengan bidang kewirausahaan? Anda dapat membaca kisah-kisah pengusaha sukses seperti Purdi E. Chandra dengan ide-ide bisnisnya yang gila, Budi Utoyo dengan “Leha-Leha”-nya, Bob Sadino, atau mungkin dengan pengusaha kelas dunia seperti Warren Buffet, Kolonel Sanders, dan masih banyak lagi.

Atau anda dapat membaca kisah sukses orang Indonesia di dunia di sini.

 

 

Lalu, apa kesimpulannya?

Berdasarkan buku “Ubah Orang Buangan Jadi Rebutan” karya Kent Soetanto, setiap orang bisa menjadi sukses. Seseorang yang sukses adalah seseorang yang berjiwa Samurai. Berikut beberapa ringkasan tips dari Kent Soetanto dalam bukunya:

  1. Tentukan pilihanmu!
  2. Tentukan tujuan/goal yang ingin kamu raih dari pilihanmu!
  3. Fokus dan konsisten pada goal tersebut!

Kesuksesan manusia, Tuhan menyeleksinya berdasarkan Niat dan perilaku yang ikhlas serta mulia, Do’a, Usaha, dan Konsistensinya dalam menggapai tujuannya.

Setiap orang berhak menentukan pilihannya. Pilihan untuk menjadi seorang pribadi yang sukses dalam menjalani kehidupannya atau menjadi pribadi yang sukses abal-abal, dalam artian ingin sukses tapi usaha biasa-biasa saja.

Pantang Mengeluh dan Pantang Menyerah lah. Karena Tuhan mencintai orang yang selalu berusaha dan pantang menyerah.

Success is our right! – Andrie Wongso

 

Referensi:

– http://www.indonesiaberprestasi.web.id/2011/01/mimpi-kejayaan-indonesia-kisah-di-balik-ikatan-ilmuwan-indonesia-internasional/

http://kickandy.com/theshow/1/1/2012/read/BERJAYA-DI-NEGERI-ORANG

– http://kickandy.com/theshow/1/1/1730/read/BERPRESTASI-DI-NEGERI-ORANG

– http://www.andriewongso.com/awartikel-3195-Success_Story-Ken_Soetanto_-_Anak_Buangan_yang_Jadi_Rebutan

  1. January 18, 2011 at 10:29 pm

    setuju ma pak 4dokter.heehehe.. klo yg kita miliki cuma uang dan mengeluarkan uang tanpa hasil yg jelaskan percuma, mending buat belajar. yeah…

  2. fithraw
    January 18, 2011 at 10:47 pm

    @igas:😀

  3. September 5, 2011 at 6:26 am

    artikel yang menarik..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: