Home > Belajar, Cuap-cuaP, Networking > E-mail a.k.a. Electronic Mail

E-mail a.k.a. Electronic Mail

Udah lama gw g posting tentang hal2 yg berbau Teknologi Informasi. Kali ini gw akan membahas tentang e-mail. Semoga dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan para pembaca sekalian. hhehe *kok kaya’ mw khotbah ajaπŸ˜› *. OK, here we go…

Electronic mail atau biasa disebut e-mail, merupakan sebuah istilah populer dari pesan/ surat elektronik. Biasanya berupa pesan sederhana yang ditulis oleh seorang user melalui sebuah sistem komputer dan ditransmisikan kepada komputer lain melalui jaringan komputer. Baik itu dalam jaringan lokal (LAN) atau jaringan global (WAN).

Dalam ruang lingkup yang sederhana/ simpel, sistem email dapat dibentuk oleh minimal 2 buah sistem komputer yang berada dalam sebuah jaringan lokal. Jadi, sistem ini hanya bisa mengirim dan menerima email kepada orang2 yang dilengapi oleh software email didalam suatu jaringan lokal, contohnya adalah dalam suatu kantor. Akan tetapi, dengan adanya internet, para vendor berusaha mengaplikasikan sistem email secara luas melalui kapabilitas koneksi internet. Pen-transmisian email melalui jaringan internet, melibatkan software2 yang bertugas untuk mengkonversi pesan2 email ke bentuk2 standar yang dapat ditransmisikan lewat internet.

Keuntungan Email

Keuntungan yang bisa diperoleh dari surat elektronik atau email adalah:

1.Β  Pesan-pesan dapat dikirim setiap waktu, dan tidak terhalang masalah geografis, karena cakupan wilayahnya tak terbatas,

2.Β  Sebuah pesan dapat dikirimkan kepada penerima tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, *peling2 cuman bayar langganan internetnya doank…πŸ˜€ *

3.Β  Efisiensi waktu, karena pesan dapat dikirimkan secara singkat hanya dalam hitungan detik dalam kondisi normal tanpa gangguan koneksi,

4.Β  Transmisi pesan dapat di-log, meyakinkan berbagai informasi tentang pesan bisa dicatat. (e.g.: dapimana pesan datang, kapan pesan tiba, melintasi jalur mana pesan dikirim, dsb.),

5.Β  Penerima (recipient) dapat membaca dan mengambil pesan kapanpun mereka inginkan asalkan terhubung dengan jaringan (Internet),

6.Β  User mobile pun dapat melakukan hal seperti di atas, dapat mengakses arsip/ koleksi mereka dari berbagai koleksi dan kapanpun mereka inginkan,

7.Β  Praktis, dalam artian tidak membutuhkan kertas, amplop, perangko, dll., selain spasi disk dalam komputer dan akses ke jaringan


*sumber : Rafiudin, Rahmat. 2006. Membangun Server E-mail Berbasis FreeBSD/Linux. Yogyakarta: Andi. 
Categories: Belajar, Cuap-cuaP, Networking
  1. November 20, 2008 at 6:12 am

    yoi skrg mah di mana aja bisa di akses, lebih enak pke HP, HP bukan diliat dari canggihnya tpi sesuai kebutuhan aja

  2. kumiz
    November 20, 2008 at 7:54 am

    @ cebong ipiet
    iyak betul,,, skr kebanyakan orang kalangan pengusaha/ orang2 perkantoran membeli HP disesuaikan dengan kebutuhan, tidak dilihat dari canggihnya… sutuju,,,sutuju,,,

    makasii commentnya…πŸ™„

  3. November 20, 2008 at 11:05 am

    email emang membantu sekali yah… cepet dan murahπŸ˜€ palagi skrg bisa mobile juga…

  4. November 20, 2008 at 12:19 pm

    email memang menguntungkan akan tetapi saya masih rindu dengan surat-menyurat seperti jaman dahulu…

  5. kumiz
    November 20, 2008 at 12:38 pm

    @bung Aping
    yo’i bro,,, ane aja sampek kasihan ma petugasnya… Apa udah g ada yg ngirim surt lagi ya, kok sampek “nyapu2” halaman…

    :((

  6. November 20, 2008 at 1:56 pm

    bos!!!

  7. November 22, 2008 at 8:37 am

    Wah, menarik banget nih.

  8. November 23, 2008 at 10:56 am

    kangen nulis surat nihπŸ™‚

  9. kumiz
    November 30, 2008 at 12:27 am

    @ diorockout: woi…!!!πŸ˜›
    @ Edi Psw: makasih bang…πŸ˜€
    @ JelajahiDuniaEly: iy, neh. Kirim2an surat yukk…πŸ™„

  10. December 2, 2008 at 10:51 pm

    email is the best…Glory email

  11. August 16, 2011 at 12:28 am

    I absolutely love e-mail. And having going straqight to my phone makes it so much easier. Long live e-mail!!!

    Steve
    My Site

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: