Archive

Archive for November, 2008

Kenapa salon kecantikan???

November 24, 2008 20 comments
Kenapa kok salon kecantikan…???

pengen tau kelanjutannya…??? Tarik bang kumiz…!!! Read more…

Categories: Cuap-cuaP, iseng

E-mail a.k.a. Electronic Mail

November 19, 2008 11 comments

Udah lama gw g posting tentang hal2 yg berbau Teknologi Informasi. Kali ini gw akan membahas tentang e-mail. Semoga dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan para pembaca sekalian. hhehe *kok kaya’ mw khotbah aja 😛 *. OK, here we go…

Electronic mail atau biasa disebut e-mail, merupakan sebuah istilah populer dari pesan/ surat elektronik. Biasanya berupa pesan sederhana yang ditulis oleh seorang user melalui sebuah sistem komputer dan ditransmisikan kepada komputer lain melalui jaringan komputer. Baik itu dalam jaringan lokal (LAN) atau jaringan global (WAN).

Dalam ruang lingkup yang sederhana/ simpel, sistem email dapat dibentuk oleh minimal 2 buah sistem komputer yang berada dalam sebuah jaringan lokal. Jadi, sistem ini hanya bisa mengirim dan menerima email kepada orang2 yang dilengapi oleh software email didalam suatu jaringan lokal, contohnya adalah dalam suatu kantor. Akan tetapi, dengan adanya internet, para vendor berusaha mengaplikasikan sistem email secara luas melalui kapabilitas koneksi internet. Pen-transmisian email melalui jaringan internet, melibatkan software2 yang bertugas untuk mengkonversi pesan2 email ke bentuk2 standar yang dapat ditransmisikan lewat internet.

Keuntungan Email

Keuntungan yang bisa diperoleh dari surat elektronik atau email adalah:

1.  Pesan-pesan dapat dikirim setiap waktu, dan tidak terhalang masalah geografis, karena cakupan wilayahnya tak terbatas,

2.  Sebuah pesan dapat dikirimkan kepada penerima tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, *peling2 cuman bayar langganan internetnya doank… 😀 *

3.  Efisiensi waktu, karena pesan dapat dikirimkan secara singkat hanya dalam hitungan detik dalam kondisi normal tanpa gangguan koneksi,

4.  Transmisi pesan dapat di-log, meyakinkan berbagai informasi tentang pesan bisa dicatat. (e.g.: dapimana pesan datang, kapan pesan tiba, melintasi jalur mana pesan dikirim, dsb.),

5.  Penerima (recipient) dapat membaca dan mengambil pesan kapanpun mereka inginkan asalkan terhubung dengan jaringan (Internet),

6.  User mobile pun dapat melakukan hal seperti di atas, dapat mengakses arsip/ koleksi mereka dari berbagai koleksi dan kapanpun mereka inginkan,

7.  Praktis, dalam artian tidak membutuhkan kertas, amplop, perangko, dll., selain spasi disk dalam komputer dan akses ke jaringan


*sumber : Rafiudin, Rahmat. 2006. Membangun Server E-mail Berbasis FreeBSD/Linux. Yogyakarta: Andi. 
Categories: Belajar, Cuap-cuaP, Networking

Born to be learner

November 11, 2008 12 comments

baby-baca-kisah-si-tamak5Manusia mempunyai 3 siklus kehidupan, yang pertama adalah manusia dilahirkan ke dunia, lalu yang kedua manusia tumbuh menjadi dewasa, dan yang terakhir adalah saat manusia telah menghabiskan masa hidupnya dan menghembuskan nafas terakhirnya untuk mempertanggungjawabkan perilakunya di dunia kepada Allah SWT.

“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim). [google citation]

Berdasarkan hadist di atas, tentunya kita tau bahwa ketika kita meninggal, semua amal kita terputus kecuali 3 perkara seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdo’a kepada Allah.

Dari uraian pada paragraf sebelumnya, terdapat kata-kata “ilmu yang bermanfaat”. Menurut saya, kita dilahirkan di dunia untuk belajar. Belajar dalam segala hal. Sejak awal lahir, saat kita masih menjadi bayi kita sudah belajar untuk menyusu kepada ibu kita, selang beberapa bulan, kita belajar untuk tengkurap, berbicara, berjalan, dan masih banyak lagi. Setelah kita agak besar, kita mulai belajar membaca. Lalu ketika kita sudah tumbuh menjadi seorang remaja dan menjadi dewasa, kita mulai belajar untuk menghargai. Menghargai pekerjaan orang lain dan belajar sopan santun. Tentunya kita tidak hanya itu saja, kalau kita sadar, sejak lahir sampai saat ini berapa macam hal yang sudah kita pelajari. Bermacam-macam hal, mulai dari “a” sampai “z” kita pelajari. Sampai akhir usia pun, tanpa kita sadari kita tetap terus belajar.

Tentunya semua hal itu adalah sebuah proses. Proses kehidupan manusia. Proses untuk menjadi seseorang yang baik. Baik di mata sesama manusia, dan di mata Tuhan (Allah SWT). Apabila ada orang yang dalam proses belajarnya dia mendapat sebuah hambatan, maka dia harus tetap terus berusaha, berjuang, berjuang, dan berjuang tanpa putus asa. Tidak ada kata lelah, capek dalam belajar.

“Belajar kok lelah, belajar kok capek…”

Apabila terdapat seseorang yang jahat, atau banyak terdapat sisi negatif daripada sisi positifnya, sesungguhnya orang tersebut bukanlah gagal dalam menempuh proses belajarnya. Mungkin orang itu memang belajar dari sisi negatif atau mungkin orang itu sedang tersesat dalam proses belajarnya. Oleh sebab itu, kita sebagai orang yang mengetahui hal itu, sudah kewajiban kita untuk mengingatkannya dan mengajaknya untuk belajar ke arah kebaikan.

Tentunya agar kita mendapatkan manfaat atau berkah dari ilmu yang kita pelajari, kita harus menjadi seseorang yang bermanfaat dengan cara membagikan ilmu kita kepada orang lain. Dalam hal itu, kita juga harus bisa menghargai orang. Salah satu kunci dalam menyampaikan ilmu kita agar menjadi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, kita harus menyampaikannya dengan senang hati, ikhlas, dan rendah hati. Sebaliknya, apabila kita dalam menerima ilmu, kita juga harus menerima ilmu yang disampaikan dengan senang hati, ikhlas, dan rendah hati, tidak peduli siapa yang menyampaikan. Karena apabila kita menerima ilmu tersebut dengan senang hati, ikhlas, dan rendah hati, InsyaAllah ilmu yang kita dapat juga akan menjadi barokah.

Semoga ilmu yang kita dapat mendapatkan berkah dari Tuhan (Allah SWT), dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi sesama. Amiiiinnn…

*image source : http://esharachman.files.wordpress.com/2007/05/baby-baca-kisah-si-tamak.jpg
Categories: Cuap-cuaP, Life Educations

Kuro kok gak mau makan ya ?

November 10, 2008 12 comments

Akhirnya gw punya temen baru d kamar gw. Seekor kura-kura Brazil yg gw kasih nama Kuro. Baru kemaren gw beli kura-kura brazil. turtleDaridulu sih emang pengen punya hewan peliharaan, tapi nyari yang cocok susah banget. Sampai akhirnya gw dapet saran dari temen gw, mending pelihara kura-kura aja. Tapi kura-kura yang gedenya lama. Alhasil gw belilah kura-kura Brazil yang konon lumayan lama masa pertumbuhannya. Tapi, mulai kemaren kok gak mau makan ya…???

Apa kurang enak makanannya…??? Perasaan gw incipin kemaren enak loh…??? 😛 , kok gak mau…??? Padahal bulan puasa juga udah lewat,,, puasa apa lu…

Gmn y biar si Kuro mau makan…??? Apa gw kasih jamu aja y… Ato gw beliin pizza,,, soalnya d air kan gak ada yang jualan pizza, yang ada Krusty Crab-nya Sponge Bob… 🙂 .

Ada saran gak…???

Categories: Cuap-cuaP

Tips PDKT dengan Cewek

November 8, 2008 18 comments

Beberapa tips PDKT ma cewek yang gw kumpulin dari temen gw Molly ‘n Opit “Sarupit” 😛 . Berikut kesimpulan dari hasil wawancara gw dengan mereka ber-2.

Menurut Molly :

1.  Kita mulai berteman dulu dengan si do’i

2.  Sedikit demi sedikit, kasih perhatian,, tapi jangan terlalu berlebihan

3.  Yang paling penting, kita harus cepet gerak,,, jangan nunda2, biar gak keduluan orang lain…

4.  Harus bisa bagi waktu, mana waktu buat si do’i ‘n kegiatan kita…

Menurut Opit “Sarupit” ( peace sist… 😛 ) :

1.  Kalo pedekate jangan terlalu over,,, ( *ambigu, gw kaga’ tw maksudnya* :-O )

2.  Don’t flirt too much,,, (Jangan bermain-main *kurang lebih begitu artinya)  * aneh-aneh ae mbak Opit,,mbak Opit,,, ora nJowo aku… 😀 *

3.  Jangan sampe melakukan kontak fisik dengan cewek waktu PDKT,, karena bisa membuat cewek jadi bingung, ex: pegang tangan, tapi kalo udh jadi miliknya y terserah… ( *wiii,,, yang terakhir itu apa y mksudnya…??? )

4.  Kalo ngasih perhatian jangan terlalu berlebihan,

5.  Jangan terlalu sering berhubungan,

6.  Jangan bertanya tentang hal2 yang terlalu dalam, misalnya privacy, dll. karena akan mengganggu perasaaan cewek.

Dipraktekin yukk… 😛

Categories: Cuap-cuaP

Rich isn’t always success, but Success is definitely rich

November 5, 2008 7 comments

Setelah sekian lama gw gak pernah nge-post, semangat gw muncul lagi ( semangat mode [ON] :D). Kali ini, gw terinspirasi oleh banyaknya iklan yg mengiklankan cara untuk mengubah kita jadi kaya… (kaya apa tuh,,, kaya monyet... :D). Definitely, rich isn’t always success, but success is definitely rich. Ya, menurut gw, kaya itu relatif. Kalau semua orang selalu berpikir bahwa uang adalah sebuah simbol kekayaan, 80 % mereka salah. Maka dari itu, gw nulis judul post kali ini

apa-sih-sukses

adalah “Rich isn’t always success, but Success is definitely rich” . 😉

Menurut Mbah Kumiz a.k.a. gw ndiri 😛 , sukses itu belum tentu kaya. Sukses menurut mbah Kumiz adalah suatu kepuasan dalam meraih sesuatu yang diinginkan oleh setiap manusia yang tentunya disesuaikan dengan batasan-batasan yang ada. Apa batasannya…???

Ya tentu batasannya adalah kemampuan pada diri seseorang dalam mencapainya. Karena setiap keinginan manusia itu nggak ada batasnya, kalau kita selalu menuruti apa kemauan kita tanpa memperhatikan batasan kemampuan kita, kita akan membuat diri kita tersiksa, bukan hanya kita saja, orang lain pun akan merasakan imbasnya.

Kembali ke topik awal bahwa sukses itu belum tentu kaya. Sesungguhnya yang dikatakan sukses itu mempunyai arti yang sangat luas. Kalau orang berpikir bahwa sukses itu = kaya, maka pikiran orang itu akan secara otomatis ter-set bahwa dia harus menjadi kaya, bagaimanapun caranya. Termasuk mencapainya dengan cara yang singkat, seperti yg sudah gw sebutkan di atas.

Tidak semua orang kaya itu sukses, mereka banyak yang merasa tidak puas dengan apa yang mereka peroleh. Ada contoh, ada seseorang yg hidupnya sederhana, penghasilannya pas-pasan, tapi ia merasa hidupnya telah sukses. Sukses karena telah memperoleh apa yang ia dapat, selalu bersyukur kepada Tuhan YME atas segala sesuatu yg dia peroleh. Karena ia selalu berpikir bahwa kunci dari segala kenikmatan adalah Syukur kepada Tuhan YME (Allah SWT). Selalu menjaga hubungan dengan Tuhan YME dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Ada juga contoh lain bahwa sesorang yang dengan senang hati menuntut ilmu, dan dengan senang hati pula ia berbagi ilmu pengetahuan yang dia dapat kepada sesama. Ia juga merasa bahwa hidupnya sukses.

Contoh lain, ada juga orang yang merasa sukses karena ia selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi orang lain, masyarakat, bangsa, dan negaranya. Walaupun menurut orang lain hal yang dilakukannya tidak membawa dampak yang besar bagi bangsa dan negaranya.

Dari sedikit contoh dan penjelasan di atas, kesimpulan yang dapat dipetik adalah bahwa sukses adalah suatu kepuasan dalam meraih sesuatu yang diinginkan oleh setiap manusia yang tentunya disesuaikan dengan batasan-batasan yang ada. Karena sukses menurut semua orang itu relatif. Sukses mempunyai makna yang sangat luas. Orang dikatakan sukses kalau orang itu telah mencapai kepuasan dan kesuksesan di kehidupan dunia maupun akhirat. Sukses jasmani dan rohani. Kaya materi dan kaya non-materi. Semua itu tidak dapat diperoleh dengan mudah, tentunya harus disertai usaha yang keras dan selalu menjaga hubungan dengan Tuhan YME. Oleh karena itu,

Kaya tidak selalu sukses, tapi sukses sudah pasti kaya.

Kaya dalam segala bidang, baik materi maupun non-materi.


*nb : Peace man, this just my opinion. That's all.

Categories: Cuap-cuaP, Life Educations