Archive

Archive for June, 2008

Kartini masa kini…

June 30, 2008 Leave a comment

Sungguh memprihatinkan nasib bangsa kita…

Generasi muda yang diharap-harapkan sebagai pemimpin bangsa, penerus perjuangan pahlawan2 baik saat ini ataupun dulu, sangat mudah sekali diracuni kebudayaan2 asing yang pada umumnya sangat bertentangan dengan adat kebiasaan bangsa kita sebagai bangsa timur yang terkenal dengan kesopanan dan kesantunannya.

Seperti akhir2 ini, seringnya muncul pemberitaan kalau banyak perkelahian para kartini2 muda kita yang videonya sudah tersebar di khalayak umum. Setelah Geng Nero (gw sih nyebutnya geng burning cd/dvd :D, soalnya mirip banget sama nama software burning cd/dvd :)), lalu diikuti perkelahian antar kartini disebuah sekolah menengah atas di kalimantan, dan yang terakhir juga tentang perkelahian remaja putri di sebuah sekolah menengah atas di daerah kalimantan juga.

Apakah ini yang disebut sebagai emansipasi wanita???

Sungguh tragis. Sedagkan saya sendiri juga seorang anak bangsa yang masih berjuang dengan menuntut ilmu di kemudian hari InsyaAllah akan saya gunakan untuk turut serta dalam membagun bangsa yang cerdas, disiplin dan terampil. Mewujudkan cita2 para pendiri bangsa agar bangsa kita tidak selalu direcoki oleh bangsa lain.

Seharusnya para putra bangsa, khususnya para generasi muda, agar termotivasi dengan hal tersebut.

Apakah emansipasi wanita hanya digunakan untuk berkelahi dengan teman sendiri, saudara sendiri?

Perubahan hanya berasal dari diri kita sendiri. Berubah ke arah yang terbaik, demi mewujudkan cita2 bangsa menjadi bangsa yang disegani oleh dunia luar agar tidak mudah untuk diracuni oleh bangsa lain ataupun orang2 yang tidak ingin adanya perubahan ke arah yang terbaik untuk negara tercinta ini, Indonesia.

Bangkitlah para kartini2 muda…!!!

Advertisements

Yes…!!! Akhirnya Ziarah Wali 5-nya kelar juga…

June 23, 2008 Leave a comment

Yes,,, Alhamdulillah… Akhirny acara ziarah wali 5 udh selesai juga. Meskipun tadinya gw sempat berpikir acara ne bakalan gak jadi. Sempet deg2an gtu deh. :D. Tapi, tak disangka dan tak dikira, acara ne berjalan sesuai dengan rencana. (meskipun gw sebenernya blum puas… 😦 )

Satu demi satu tempat makam para Auliya’Illah di ziarahi. Mulai dari Sunan Ampel (Surabaya), Sunan Giri (Gresik), Syech Maulana Malik Ibrahim/ Sunan Gresik (Gresik), Sunan Drajat (Lamongan), Syech Asmoro Qondi (Ayah dari Sunan Ampel) (Tuban), dan yang terakhir adalah makam dari eyang guru yaitu Sunan Bonang (Tuban).

Meskipun tadi berangkatnya sempat molor gara2 nunggu ada yang telat,,, Alhamdulillah jadwal tetep berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Berangkat pukul 7.15-an (padahal rencananya jam 6 berangkat 😀 ) dan sampek di rumah sekitar jam 11.30-an.

Fyuh,,, ternyta jadi ketua pelaksana suatu kegiatan itu gak mudah juga. Harus mempunyai pemikiran jauh ke depan dan mempunyai insting dan intuisi yang tajam (hehe,, kaya’ mau bunuh orang aja… 😀 ). Karena gw dah ngalamin sendiri, apalagi acaranya bukan acara intern / di dalam, melainkan acara keluar daerah yang membutuhkan pengorganisasian yang baik.

Dan acara ne membuat gw punya bekal yang sangat berharga kalo2 gw bakal di jadiin ketua pelaksana suatu kegiatan lagi. hehehe… (padahal tanggung jawabnya berat loh,, tapi kok mau lagi yah… 😀 ).

Yah,,, cukup dulu deh tulisan gw hari ne… Hoahhmmmm,,,, tidur dulu ahhh….

Subhanallah…

June 21, 2008 Leave a comment

Akhirnya,,, gw bisa nyampek kost juga. Setelah gw keliling2 nyari dana buat acara Ziarah Wali besok hari Minggu. Gw pikir,,, tadi setelah gw selesai nyari dana buat acara tsb. gw bakalan cuapeeeekk bgt. Tapi apa yang terjadi malah kebalikannya. Rasa capek gw seolah-olah ilang. Gw ngerasa peruangan gw hari ini bukan hanya mendapatkan dana buat acara besok minggu, selain itu gw juga mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang berharga.

Mungkin orang pikir pelajaran yang gw dapet ne cmn hal yg sepele, tapi buat gw merupakan sebuah hal yang sangat berguna sekali bagi hidup gw kelak. Gw diajak keliling2 nyari dana ke senior2 gw di STI (Silat Tauhid Indonesia). Nah saat itulah gw bertemu dengan orang2 yang gw rasa sangat hebat. Knp gw bilang gitu, mungkin karena dilihat dari omongan beliau2, bener2 sangat brmutu.

Seperti waktu gw ketemu dengan Mbak Diana, mantan ketua senat mahasiswa angkatan 1998. Beliau mengajarkan beberapa hal yang demokratis, memberikan banyak masukan2 yg sangat brmanfaat buat Organisasi di STIKOMP Sby.

Selain mbak Diana, gw juga ketemu ama mas Eko FJ. Yang buat gw berkesan dari mas Eko, beliau sangat enak diajak ngobrol, beliau selalu merendah dan tidak sombong. Beliau juga memberikan beberapa nasehat k gw.

Gini ne nasehatnya,, “Km klo kuliah itu kan pelajari bnyak sesuatu, tapi pada saat kerja sebaiknya km fokuskan sama suatu hal yang bener2 ingin km tekuni. Hal tersebut akan memberikan efek yang luar biasa apabila kita pandai membaca peluang yang ada di depan mata kita.”

Karena beliau tau klo gw lebih suka networking, beiau menyarankan gw untuk membaca blog Himawan. Himawan adalah seorang praktisi networking yang waktu kuliah, jurusan yang  dia ambil tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia networking. Tapi karena ketertarikan Himawa kepada networking, terutama CISCO, beliau akhirnya mulai mendalami CISCO networking hingga sekarang beliau (Himawan), mendapatkan sertifikasi tertinggi CISCO yaitu CCIE.

Di dalam blog Himawan diceritakan juga pengalaman2 dan perjalanan beliau meraih hal2 tersebut.

Dai pembicaraan gw dengan mas Eko dari awal sampek akhir, beiau selalu merendah. Tidak pernah menganggap beliau hebat dan menguasai banyak hal. Padahal dari cerita2 temen2 seperjuangan beliau, beliau di samping orang sakti, suka hal2 yang aneh2, suka update informasi teknologi terbaru,, beliau juga orang yang enak diajak ngobrol ngalor ngidul. Tapi beliau tidak pernah sombong.

Emg bener kata pepatah tentang ilmu Padi,

Semakin berisi, semakin merunduk.

Semakin orang berilmu, maka orang tersebut tidak akan menyombongkan dirinya.

Semakin tinggi suatu pohon, semakin tinggi pula angin yang menerpa.

Semakin besar/ berkembang seseorang, maka cobaan dan ujian yang menimpa dirinya semakin besar dan berat pula.

Dari proses cobaan yang semakin lama semakin berat itulah yang membat seseorang menjadi semakin berisi semakin menunduk. Seseorang menjadi tidak sombong dan selalu tenang dalam menghadapi segala permasalahan yang muncul. Dan selalu mendapatkan jalan tengah dalam menghadapi semua masalah dan ujian dari ALLAH.

Semua itu juga harus disertai dengan ibadah kepada Allah. Dan kita selalu mohon ptunjuk kepada Allah. Karena Allah selalu menolong hamba-Nya yang selalu berdo’a da beribadah kepada-Nya.

Allah tidak akan memberikan cobaan kepada ummat-Nya melebihi kemampuan ummatnya.

Jadi banyak banget pelajaran yang gw dapet hari ne, gak percuma gw keliling2 mulai dari pagi sampek pagi lagi. :D. Semoga dapat memberikan manfaat bagi gw, dan terutama temen2 yang membacanya.

Categories: Cuap-cuaP, Life Educations

Sabar…

June 16, 2008 Leave a comment

Akhirnya, setelah sekian lama gw vakum karena beberapa hal, gw bisa ngisi lagi ne blog… Wuih,, selama gw vakum banyak banget sesuatu yang bikin gw jungkir balik gak karuan, mulai dari gw kena fitnah,,tugas yang semakin banyak gak peduli walopun gw dalam keadaan sakit,, dan msh banyak lagi. sampek2 gw gak bisa nyebutin satu2. 😦

Terlepas dari semua itu, banyak juga pelajaran yang bisa gw dapet. Mulai dari sabar, ikhlas, gmn cara menghargai orang, memaafkan orang, dan masih banyak lagi deh. 😀

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al Baqarah-153)

Dari ayat di atas gw dapat mengambil hikmah kalo orang-orang yang dalam menghadapi segala sesuatu selalu sabar dan beribadah kepada Allah (sholat), InsyaAllah Allah akan selalu menyertainya. Dari ayat tersebut, dapat memotivasi gw menjadi orang yang lebih sabar dalam menghadapi sesuatu. Karena sabar itu sulit sekali kita lakukan. Padahal sebenarnya gw ne tergolong orang yang temperamental. Orang nglakuin sesuatu yg jelek k gw, gw bisa bales 2 kali lipat ato bahkan lebih.

Tapi, Alhamdulillah gw sekarang udah berubah. Kata temen2 gw, gw sekarang udah g temperamen lagi. Dan gw lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatu. Semua itu gw lakuin dengan perjuangan yang nggak mudah. Mulai di hina orang, di marahin orang tanpa tau alasan yang jelas, semua udah gw alamin. Dan Alhamdulillah semua dapat gw kendalikan. Tinggal bagaimana kita menyikapi semua hal.

Kualitas diri seseorang itu tidak dilihat dari usia ataupun materi, melainkan dilihat dari bagaimana orang tersebut dapat mengendalikan dirinya dan menempatkan dirinya pada segala hal. Dan tentu harus selalu memohon kepada Allah dalam melakukan segala sesuatunya.

Gw rasa cukup disini dl. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Amin.

Categories: Cuap-cuaP, Islam

Linux Basic Command

June 9, 2008 1 comment
alias    Create an alias
apropos  Search Help manual pages (man -k)

awk      Find and Replace text, database sort/validate/index

break    Exit from a loop
builtin  Run a shell builtin
bzip2    Compress or decompress named file(s)

cal      Display a calendar
case     Conditionally perform a command

cat      Display the contents of a file

cd       Change Directory
cfdisk   Partition table manipulator for Linux

chgrp    Change group ownership

chmod    Change access permissions

chown    Change file owner and group
chroot   Run a command with a different root directory

cksum    Print CRC checksum and byte counts
clear    Clear terminal screen

cmp      Compare two files
comm     Compare two sorted files line by line
command  Run a command - ignoring shell functions
continue Resume the next iteration of a loop

cp       Copy one or more files to another location

cron     Daemon to execute scheduled commands

crontab  Schedule a command to run at a later time

csplit   Split a file into context-determined pieces
cut      Divide a file into several parts

date     Display or change the date & time
dc       Desk Calculator

dd       Data Dump - Convert and copy a file
ddrescue Data recovery tool
declare  Declare variables and give them attributes

df       Display free disk space

diff     Display the differences between two files

diff3    Show differences among three files

dig      DNS lookup
dir      Briefly list directory contents
dircolors Colour setup for `ls'

dirname  Convert a full pathname to just a path
dirs     Display list of remembered directories
du       Estimate file space usage

echo     Display message on screen
egrep    Search file(s) for lines that match an extended expression
eject    Eject removable media
enable   Enable and disable builtin shell commands
env      Environment variables
ethtool  Ethernet card settings
eval     Evaluate several commands/arguments
exec     Execute a command
exit     Exit the shell

expand   Convert tabs to spaces
export   Set an environment variable
expr     Evaluate expressions

false    Do nothing, unsuccessfully
fdformat Low-level format a floppy disk
fdisk    Partition table manipulator for Linux

fgrep    Search file(s) for lines that match a fixed string
file     Determine file type
find     Search for files that meet a desired criteria
fmt      Reformat paragraph text
fold     Wrap text to fit a specified width.
for      Expand words, and execute commands

format   Format disks or tapes
free     Display memory usage
fsck     File system consistency check and repair
ftp      File Transfer Protocol
function Define Function Macros

gawk     Find and Replace text within file(s)
getopts  Parse positional parameters
grep     Search file(s) for lines that match a given pattern
groups   Print group names a user is in

gzip     Compress or decompress named file(s)

hash     Remember the full pathname of a name argument
head     Output the first part of file(s)

history  Command History
hostname Print or set system name

id       Print user and group id's

if       Conditionally perform a command
ifconfig Configure a network interface
import   Capture an X server screen and save the image to file
install  Copy files and set attributes

join     Join lines on a common field

kill     Stop a process from running

less     Display output one screen at a time
let      Perform arithmetic on shell variables
ln       Make links between files
local    Create variables
locate   Find files
logname  Print current login name

logout   Exit a login shell
look     Display lines beginning with a given string
lpc      Line printer control program
lpr      Off line print
lprint   Print a file
lprintd  Abort a print job
lprintq  List the print queue
lprm     Remove jobs from the print queue
ls       List information about file(s)
lsof     List open files

make     Recompile a group of programs

man      Help manual
mkdir    Create new folder(s)
mkfifo   Make FIFOs (named pipes)
mkisofs  Create an hybrid ISO9660/JOLIET/HFS filesystem
mknod    Make block or character special files
more     Display output one screen at a time
mount    Mount a file system

mtools   Manipulate MS-DOS files
mv       Move or rename files or directories

netstat  Networking information
nice     Set the priority of a command or job
nl       Number lines and write files
nohup    Run a command immune to hangups
nslookup Query Internet name servers interactively

passwd   Modify a user password
paste    Merge lines of files
pathchk  Check file name portability
ping     Test a network connection
popd     Restore the previous value of the current directory
pr       Prepare files for printing
printcap Printer capability database
printenv Print environment variables
printf   Format and print data

ps       Process status
pushd    Save and then change the current directory
pwd      Print Working Directory

quota    Display disk usage and limits
quotacheck Scan a file system for disk usage
quotactl Set disk quotas

ram      ram disk device
rcp      Copy files between two machines.
read     read a line from standard input
readonly Mark variables/functions as readonly
remsync  Synchronize remote files via email
return   Exit a shell function
rm       Remove files

rmdir    Remove folder(s)
rsync    Remote file copy (Synchronize file trees)

screen   Terminal window manager
scp      Secure copy (remote file copy)
sdiff    Merge two files interactively
sed      Stream Editor
select   Accept keyboard input
seq      Print numeric sequences

set      Manipulate shell variables and functions
sftp     Secure File Transfer Program
shift    Shift positional parameters
shopt    Shell Options
shutdown Shutdown or restart linux
sleep    Delay for a specified time
sort     Sort text files

source   Run commands from a file `.'
split    Split a file into fixed-size pieces
ssh      Secure Shell client (remote login program)
strace   Trace system calls and signals
su       Substitute user identity
sum      Print a checksum for a file
symlink  Make a new name for a file

sync     Synchronize data on disk with memory

tail     Output the last part of files
tar      Tape ARchiver
tee      Redirect output to multiple files
test     Evaluate a conditional expression
time     Measure Program running time

times    User and system times
touch    Change file timestamps
top      List processes running on the system
traceroute Trace Route to Host
trap     Run a command when a signal is set(bourne)
tr       Translate, squeeze, and/or delete characters
true     Do nothing, successfully

tsort    Topological sort
tty      Print filename of terminal on stdin
type     Describe a command

ulimit   Limit user resources
umask    Users file creation mask
umount   Unmount a device
unalias  Remove an alias

uname    Print system information
unexpand Convert spaces to tabs
uniq     Uniquify files
units    Convert units from one scale to another
unset    Remove variable or function names
unshar   Unpack shell archive scripts

until    Execute commands (until error)
useradd  Create new user account
usermod  Modify user account
users    List users currently logged in
uuencode Encode a binary file 

uudecode Decode a file created by uuencode

v        Verbosely list directory contents (`ls -l -b')
vdir     Verbosely list directory contents (`ls -l -b')

vi       Text Editor

watch    Execute/display a program periodically
wc       Print byte, word, and line counts
whereis  Report all known instances of a command
which    Locate a program file in the user's path.
while    Execute commands

who      Print all usernames currently logged in
whoami   Print the current user id and name (`id -un')
Wget     Retrieve web pages or files via HTTP, HTTPS or FTP

xargs    Execute utility, passing constructed argument list(s)
yes      Print a string until interrupted

.        Run a command script in the current shell
###      Comment / Remark
Categories: Belajar, Cuap-cuaP, Linux/ Unix

A Part of My Little Habit

June 6, 2008 Leave a comment

I’ve a lot of habit. But in this journal, I’ll tell a little of my habit, likes my eating habit,my favorite food, and how to keep my body healthy.

Start from my eating habit, I eat 3 times a day. But,if my schedule is full, sometimesI eat one or two times a day. Because of that habit, I’ve lost my weight 4 kilograms last month. I like eating vegetables and fruit too. If I’m at home, my mother always serve me healthy meal, likes vegetables, fruits, and a glass of milk.

My favorite food is fried chicken with some kind of vegetable and chutney. I like it very much. I don’t know why, maybe that food is traditional food from Indonesia. Because it in Indonesia called  lalapan. 😀

I also like snacks and juice. I usually eat them if I don’t have anytimes for breakfast.

I think I’m healthy enough now. Because from the article I’ve been read, exercise burns of the calories and makes us fit. I also follow Pencak Silat to keep my body healthy. Why Pencak Silat? Because I like hard sport like that. 😀

Ngopi Pagi-Pagi…

June 5, 2008 Leave a comment

Ngantuuuuukkkkkk……

Berat banget rasanya buat membuka mata, padahal jam 7.30 ada kuliah. 😦  Ngantuuuukkkk banget… Apalagi tadi cuman tidur bentar.

Begini sejarahnya knp gw jam segini masih ngantuk… Kemaren malem, seperti biasa gw latihan olahraga kesukaan gw,,, latihannya sampek malem bgt, apalagi ada temen gw yg kesurupan… Tapi emg dasar gw-nya aja yg males langsung tidur,, soalnya ya males aja…  Hahahaha

Ne sedikit hasil jepretan temen gw pas anak2 kmrn mw latihan…

ngobrol-ngobrol sebelum latihan kemaren...

Tapi pagi-pagi harus semangat!!! Orang bilang, kalau pagi-pagi nggak buruan bangun, rezekinya bakal di patok ayam… Tapi ampe’ sekarang gw tetep nggak ngerti apa maksudnya 😀 ,   lha wong aku nggak punya ayam,, semua tetangga gw juga  nggak punya ayam.  Jadi ayamnya sapa yah…??? ehehehehehe  😀

Yo,,, hari baru, semangat baru… Moga aja hari ini menjadi hari yang menyenangkan… hahahaha

regards

KumiZ

Categories: Cuap-cuaP